Tuesday, July 15, 2014

Agrowisata Turi

Agrowisata Turi


Wisata Seru di Perkebunan Salak
Hotel Yogyakarta, hotel di yogyakarta, hotel murah yogyakarta
Siapa bilang liburan ke Yogyakarta butuh biaya besar? Kota Gudeg ini tergolong tujuan wisata murah dari sisi kuliner, transportasi dan akomodasi. Hotel Yogyakarta tidak hanya terdapat di pusat kota saja, tetapi juga di daerah pinggiran, terutama yang memiliki tempat-tempat wisata. Jadi, wisatawan tidak akan kesulitan menemukan hotel murah Yogyakarta selama liburan di sana.

Jika Anda bosan dengan wisata alam atau sejarah, cobalah menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk kegiatan Anda dengan berwisata berhubungan dengan pertanian. Yogyakarta memiliki desa wisata yang menyedikan Agrowisata Turi dengan nuansa alam yang sejuk di lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Agrowisata Turi memfokuskan pada perkebunan salak pondoh berkualitas yang biasa dijual di sekitar Candi Borobudur, Candi Prambanan atau wisata alam di Gunung Merapi. Wisata ini dapat menjadi alternatif Anda ketika menginap di hotel Yogyakarta.

Agrowisata Turi memiliki produk unggulan yakni salak pondoh yang termasuk buah tradisional khas Indonesia. Kulitnya cokelat kehitaman dan bersisik, rasanya manis dengan daging buah bertekstur tebal dan lezat, serta cenderung berwarna kekuningan. Menjadi pengalaman menarik jika Anda yang tinggal di hotel murah di Yogyakarta dapat memetik dan mencicipi langsung salak ini. Sebaiknya Anda mengunjungi tempat ini pada waktu pagi karena suhunya masih dingin dan dapat langsung pergi ke Kaliurang untuk melihat Gunung Merapi. Apabila Anda datang ke Kaliurang pada waktu siang, kemungkinan Gunung Merapi tidak dapat terlihat sebab ditutupi awan.

Agrowisata Salak Pondoh Turi didirikan oleh Prof. Dr. Drg. Sudibyo pada tahun 1988 dan dibuka secara resmi pada tahun 1994. Terinspirasi dari pengalamannya memindahkan tanaman salak agar tidak mati di kebun milik orangtuanya, ia mengajak masyarakat mengembangkan salak pondoh. Meski awalnya tindakannya ditolak karena mengorbankan tanaman lain, tetapi usahanya berhasil dan salak pondoh dari Desa Turi ini dapat dipasarkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai ke Malaysia dan Jepang. Tanah seluas 27 hektar disulap menjadi kompleks taman salak pondoh, tempat bermain anak, pemancingan dan kolam renang.

Hal yang menarik lainnya, wisatawan dari hotel murah Yogyakarta dapat menemukan tidak kurang dari 17 jenis tanaman salak, mulai Mulai dari salak pondoh super, kuning, hitam, condet, manggala, gading, Bali, Semeru hingga tanonjaya. Anda pun merasakan semilir angin dan mendengar desau suara angin ketika berjalan di antara pepohonan salak, malah terkadang bagai berjalan di desa pinggir pantai. Ini akan menjadi pengalaman wisata Anda berbeda dari sebelumnya. Meski berada di perkebunan salak, tetapi Anda berasa seolah-olah di pinggir pantai.

Oleh-oleh Salak Pondoh

Anda dapat membawa serta keluarga ke Agrowisata Turi agar mereka juga dapat berpengalaman wisata di perkebunan salak pondoh. Untuk masuknya juga murah, yakni Rp8.000 untuk paket wisata dan Rp2.000 untuk paket murah. Anda juga bisa membeli salak pondoh dengan harga lebih murah dari pasaran berkisar Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilo yang berisi 10-20 buah salak, tergantung besar kecilnya buah. Sementara, jika Anda membeli di warung sekitar Jalan Turi ini bisa mencapai Rp6.000 hingga Rp8.000 per kilo. Bahkan, harga di toko buah atau supermarket mencapai Rp15.000 hingga Rp16.000 per kilo. Mau pilih yang mana? Di mana pun Anda membelinya, salak pondoh tersebut bisa menjadi teman Anda selama perjalanan atau buah tangan untuk orang terdekat Anda.

No comments:

Post a Comment